banner ad

Sekilas

Sejarah

Hari jadi Universitas Slamet Riyadi ini mengacu pada tanggal pendirian Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Mulyatno, SH. Surakarta Nomor 11 tanggal 21 Juni 1980. Hingga tahun 2011, AD/ART YPT Slamet Riyadi telah mengalami perubahan beberapa kali, dan yang terakhir adalah perubahan guna menyesuaikan dengan UU No 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Dengan demikian YPT Slamet  Riyadi telah berbadan hukum sebagaimana yang termuat dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia tanggal 8/4-2008 No. 29.

Secara defakto, Universitas Slamet Riyadi  sudah ada sejak tahun 1977 yaitu saat Universitas  Slamet  Riyadi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH) yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1977 berdasarkan SK No. 04/Kep/YPSH/1977. Namun dalam perjalanan Universitas Slamet Riyadi yang saat itu memiliki Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, pengelolaannya diserahkan oleh YPSH kepada YPT Slamet Riyadi pada tanggal 21 Juni 1980.

Universitas Slamet Riyadi dengan sebutan UNISRI mendapat status tercatat dari Kopertis Wilayah VI  Jawa Tengah berdasarkan  K. No. 119/K/22/Kop.VI/1980 tanggal 30 Juni 1980. Selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 1981 UNISRI mendapat status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  berdasarkan SK Menteri P dan K No.0309/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981 untuk jenjang Sarjana Muda. Guna memenuhi animo para mahasiswa maka pada tahun 1983, YPT Slamet Riyadi mengajukan status terdaftar untuk jenjang Sarjana, dan status legal formalnya didapatkan pada tahun 1984.

Kampus UNISRI yang terletak di Jl Sumpah Pemuda No 18 Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta yang luasnya mencapai 8.384 m2 dibangun pada tahun 1982/1983 dan mulai digunakan untuk perkuliahan pada tahun 1983/1984. Sebelum tahun 1983 aktivitas perkuliahan mahasiswa UNISRI dilaksanakan di Jl. Monginsidi no 40 Surakarta.

Fakultas Pertanian didirikan pada tanggal 21 Juni 1980 memperoleh status terdaftar bagi jenjang sarjana muda berdasarkan   SK Menteri P dan K No.0309/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981. Pada tahun 1984 mendapat status terdaftar untuk jenjang sarjana berdasarkan SK Mendikbud  0395/0/1984. Fakultas Pertanian memiliki satu Prodi yaitu Agroteknologi yang telah terakreditasi dengan nilai C berdasarkan SK BAN PT No.020/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007 tanggal 7 September 2007.

Visi Misi dan Tujuan Fakultas Pertanian

Visi

Menjadi Fakultas yang menghasilkan sarjana pertanian yang cakap dan mandiri di bidang Pertanian berkelanjutan serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang pertanian berorientasi Pertanian berkelanjutan yang berkualitas dan inovatif  dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sehingga dapat menghasilkan sarjana berkualitas tinggi, berkemampuan kewirausahaan yang baik serta mampu ikut mewujudkan knowledge- based economy and society.
  2. Menyelenggarakan secara profesional kegiatan penelitian dalam bidang pertanian berorientasi pertanian, yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan budaya bangsa untuk memperkaya kebudayaan nasional.
  3. Menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang pertanian berorientasi Pertanian berkelanjutan yang berkualitas dan inovatif  dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sehingga dapat menghasilkan sarjana berkualitas tinggi, berkemampuan kewirausahaan yang baik serta mampu ikut mewujudkan knowledge- based economy and society.
  4. Menyelenggarakan secara profesional kegiatan penelitian dalam bidang pertanian berorientasi pertanian, yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan budaya bangsa untuk memperkaya kebudayaan nasional.

 

Tujuan

Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta bertujuan menjadi salah satu fakultas berkualitas dengan menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan sehingga setiap mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta menguasai pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk berkompetensi dalam era globalisasi.
Tujuan :
1. Mengembangkan program pendidikan di bidang pertanian yang mampu menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta berakhlak terpuji.
2. Membentuk Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta sebagai pusat unggulan produk- produk pertanian melalui pengembangan Iptek secara berkesinambungan
3. Mengembangkan penelitian dan inovasi teknologi yang mampu menghasilkan produk-produk pertanian sehingga dapat membantu masyarakat dalam proses pembaharuan, pengembangan serta penerapan iptek khususnya di bidang pertanian.
4. Menjadikan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta sebagai Mitra Masyarakat Petani dan dunia usaha untuk menumbuhkembangkan pertanian yang berorientasi kepada kesejahteraan rakyat banyak khususnya petani, sehingga pertanian modern berkelanjutan dapat terwujud.

Counter created by http://emailextractor14.com