banner ad

Akademik

4 PENDIDIKAN DAN ADMINISTRASI AKADEMIK

4.1.1 Pendidikan Akademik

Program pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta terdiri atas Program Sarjana atau Strata 1.

Program Sarjana (S-1) merupakan jenjang pertama program akademik yang mempunyai beban studi sekurang-kurangnya 144 (seratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak-banyaknya 160 (seratus enam puluh ) SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah pendidikan menengah atau Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

4.2 Pelaksanaan Pendidikan dengan Sistem Kredit Semester

Kurikulum yang dikembangkan di UNISRI adalah kurikulum berbasis kompetensi, dan pendekatan pembelajaran yang diaplikasikan adalah student center learning (pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa).

Kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan sistem kredit dan waktu penyelenggaraannya diatur dengan menggunakan sistem semester. Dalam sistem kredit, perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan menggunakan kredit sebagai tolok ukur beban pendidikan terutama yang menyangkut beban studi mahasiswa

Tujuan penerapan sistem kredit adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya; memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengambil mata kuliah yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa; mempermudah penyesuaian kurikulum terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dan memperbaiki sistem evaluasi kecakapan mahasiswa.

Ukuran untuk menentukan beban pendidikan yang menyangkut beban studi mahasiswa dan beban mengajar bagi dosen dinyatakan dalam satuan kredit semester.

4.2.1 Penentuan SKS Perkuliahan

Untuk perkuliahan, nilai suatu kredit semester ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang meliputi tiga macam kegiatan per minggu sebagai berikut :

1. Lima puluh (50) menit acara perkuliahan tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar

2. Enam puluh (60) menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu Kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan dan dipantau oleh tenaga pengajar

3. Enam puluh (60) menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa atas dasar kemampuannya untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain dari suatu tugas akademik, dan dipantau oleh tenaga pengajar dan atau pembimbing akademik.

Pelaksanaan proses belajar mengajar dalam satu tahun akademik dibedakan antara semester gasal dan semester genap. Maksud dari pemilahan semester gasal dan semester genap adalah untuk memberi kemudahan bagi mahasiswa dalam mengambil setiap matakuliah yang akan ditempuh. Semua matakuliah yang harus ditempuh mahasiswa selalu ditawarkan pada setiap semester gasal dan semester genap.

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil beban SKS sesuai dengan indek prestasi yang dicapai pada setiap semesternya. Oleh karena itu mahasiswa yang memiliki indek prestasi tinggi cenderung dapat menyelesaikan studinya relatif lebih cepat.

4.2.2 Perkuliahan

Perkuliahan merupakan kegiatan akademik yang dilakukan oleh pengampu mata kuliah atau tenaga pengajar yang meliputi kegiatan tatap muka, tutorial, praktikum,atau bentuk lainnya. Kegiatan perkuliahan wajib diikuti oleh mahasiswa dengan mengacu pada kontrak pembelajaran yang telah disampaikan dan disepakati bersama pada awal pertemuan perkuliahan.

Mata kuliah yang hendak ditempuh oleh mahasiswa dalam semester berjalan harus tercantum dalam Kartu Rencana Studi (KRS) termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kuliah Kerja Lapangan (KKL) atau Kuliah Kerja Profesi (KKP), dan Skripsi.

4.3 Pendaftaran Ulang atau Her Registrasi

Setiap mahasiswa wajib melakukan pendaftaran ulang (her-registrasi) sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan pendidikan yang disajikan dalam suatu semester. Pendaftaran ulang dilakukan mulai menginjak semester ke-2 hingga semester terakhir, sedangkan semester ke-1, diatur tersendiri pada saat penerimaan mahasiswa baru. Mahasiswa dikatakan telah melakukan her-registrasi apabila mahasiswa telah memiliki KRS yang telah disahkan oleh dosen Pembimbing Akademik.

Her Registrasi wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa pada setiap awal semester, yang meliputi :

1. Registrasi administrasi : untuk dapat memperoleh status sebagai mahasiswa aktif, cuti atau selang, pindah, atau berhenti, atau lulus, dan dilaporkan dalam Laporan Evaluasi Diri secara periodik ke Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

2. Registrasi akademik : untuk dapat memperoleh hak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/perkuliahan, praktikum, praktek studio, kuliah kerja nyata, kerja praktek, atau tugas akhir sesuai yang ditawarkan.

4.3.1 Persyaratan

Persyaratan untuk melakukan her-registrasi sebagai berikut :

1. Memiliki Kartu Hasil Studi pada semester sebelumnya yang telah disahkan dosen Pembimbing Akademik atau Ketua Program Studi

2. Melunasi biaya pendidikan (setidak-tidaknya biaya SPP, Registrasi), dan tagihan lainnya.

3. Memiliki Kartu Mahasiswa Aktif

4.3.2 Prosedur Umum

Pelaksanaan her registrasi dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa secara online melaui portal web Anjungan Akses Mandiri Mahasiswa (AAM). Prosedur umum dalam melaksanakan her registrasi diatur sebagai berikut :

1. Mahasiswa mencetak form tagihan Pembayaran SPP melalui portal AAM

2. Mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai tagihan pada bank BNI 1946

3. Mahasiswa melakukan Entry KRS Sementara melalui portal AAM

4. Mahasiswa mencetak KRS Sementara melalui portal AAM

5. Mahasiswa melakukan konsultasi dan pembimbingan akademik pada dosen PA

Counter created by http://emailextractor14.com